Berikut 9 Khasiat Minum Kopi Hitam Tampa Menggunakan Gula Setiap Hari Dan 7 Efek Negatifnya

Oleh: alfa kiki Kesehatan | Kamis, 14 November 2019 - 17:44:33 WIB | dibaca: 73 pembaca

 Berikut 9 Khasiat Minum Kopi Hitam Tampa Menggunakan Gula Setiap Hari Dan 7 Efek Negatifnya

Ilustrasi Foto Biji Kopi ( liputan6/iStockphoto )

 kopi  (murni yang digiling dari bijinya, bukan instan dalam kemasan), menurut sebagian orang, adalah salah satu minuman terbaik dibandingkan teh.

Minuman itu diklaim memiliki beragam khasiat kesehatan bagi sejumlah orang.

Hanya saja, khasiat itu bisa didapat hanya jika Anda meminumnya secara polos; kopi hitam hangat tanpa perpaduan komposisi lain, bahkan gula sekalipun.

Para ahli menyarankan agar orang dewasa minum setidaknya dua cangkir kopi hitam setiap hari, yaitu sekali di pagi hari setelah sarapan, dan satu cangkir di malam hari.

Berikut adalah 9 manfaat minum kopi  hitam tanpa gula yang diklaim baik bagi kesehatan --serta 7 efek negatifnya-- seperti dikutip dari MediumTimes of India, dan AARP Amerika Serikat, Rabu (13/11/2019).

 

*Disclaimer: redaksi Liputan6.com tetap menganjurkan pembaca, khususnya yang memiliki kondisi medis tertentu, untuk berkonsultasi dengan dokter atau pakar kesehatan mengenai dampak konsumsi kopi bagi tubuh Anda masing-masing. Isi yang disampaikan dalam artikel ini --meski telah mengacu pada sejumlah kajian ilmiah-- bukanlah referensi dengan kebenaran mutlak dan universal, sehingga tak luput dari revisi dan inkonsistensi.

Membantu Daya Ingat, hingga...

1. Membantu daya ingat

Kopi hitam bermanfaat bagi pikiran. Ini membantu otak untuk tetap aktif, yang membantu meningkatkan daya memori. Secara bersamaan, ini juga membantu menjaga saraf tetap aktif, dan karenanya mencegah demensia.

2. Diklaim membantu fungsi kognitif otak

Kafein adalah stimulan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan suasana hati, energi, dan fungsi kognitif seseorang. Dengan demikian, membuat Anda relatif pintar selama periode waktu tertentu.

3. Membantu membersihkan saluran pencernaan

Kopi adalah minuman diuretik yang membuat Anda ingin sering 'ke belakang'. Karena itu, dengan minum kopi hitam tanpa gula, racun dan bakteri dapat dengan mudah ikut terbawa bersama feses yang dibuang.

Berpotensi Mengurangi Berat Badan, dan...

4. Membantu mengurangi berat badan

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari kopi hitam tanpa gula adalah membantu menurunkan berat badan yang cepat. Minuman ini membantu meningkatkan metabolisme hingga 50 persen, yang membuat Anda lebih banyak berolahraga di gym. Kopi hitam juga membantu membakar lemak di perut.

5. Membantu mencegah penyakit jantung

Ketika Anda minum kopi hitam tanpa gula, itu menguntungkan jantung. Kopi mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Dengan demikian mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Menguatkan antioksidan dalam tubuh

Kopi hitam diklaim memiliki efek antioksidan. Secangkir kopi bisa mengandung vitamin B2, B3, B5, zat mangan, magnesium, dan potasium.

Mengurangi Risiko Diabetes, juga...

7. Mengurangi risiko diabetes

Minum kopi hitam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Ini adalah minuman yang ampuh untuk mengatur insulin yang kelewat batas pada calon penderita diabetes, apalagi jika penyakit itu menurun dalam keluarga.

8. Membantu mencegah kanker

Ucapkan selamat tinggal pada kanker dengan minum dua cangkir kopi hitam tanpa gula. Minuman ini mengandung sifat anti-kanker yang membantu menurunkan risiko kanker kolorektal, dan karenanya dapat menurunkan risiko kanker hati hingga 40%.

9. Menjaga mood

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari kopi hitam tanpa gula adalah dapat membantu menjaga pikiran dan tubuh tetap muda. Minum minuman ini dua kali sehari, bisa mencegah penyakit Parkinson. Karena kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

Dopamin juga dapat secara efektif meningkatkan suasana hati Anda. Ini juga merupakan obat terbaik untuk mencegah depresi.

Waspadai juga 7 Efek Negatifnya...

Kendati demikian, menurut organisasi kajian kesehatan asal AS, AARP, kopi --terutama kandungan kafeinnya-- bisa memberikan dampak negatif bagi sejumlah orang.

Kafein adalah obat, kata Steven Meredith, seorang peneliti dalam farmakologi perilaku di Fakultas Kedokteran Johns Hopkins, dikutip dari AARP.org.

Sementara dosis rendah hingga sedang umumnya aman, kafein bersifat adiktif dan pengguna dapat menjadi tergantung padanya dan merasa sulit untuk berhenti atau bahkan mengurangi, katanya. (Ketergantungan kafein bahkan dinamai sebagai gangguan mental di AS).

Beberapa orang yang rutin meminum kopi berkafein namun mendadak berhenti, dapat memicu sakit kepala, kekaburan mental dan kelelahan selama beberapa hari sampai tubuh menyesuaikan diri.

Efek lain dari terlalu banyak kafein pada sejumlah orang:

1 Meningkatkan kecemasan dan mengganggu pola tidur, menyebabkan tidur gelisah, mengandalkan kafein untuk membantu dengan kelelahan siang hari, diikuti oleh lebih banyak insomnia.

2. Kafein berinteraksi dengan beberapa obat, termasuk obat tiroid, obat psikiatrik dan depresi, antibiotik Cipro, dan obat mulas Tagamet.

3. Bagi beberapa orang meningkatkan kadar gula darah, membuat lebih sulit bagi mereka dengan diabetes tipe 2 untuk mengelola insulin mereka, menurut sejumlah penelitian; itu juga bisa sedikit meningkatkan tekanan darah. Jika Anda mengalami kesulitan mengendalikan tekanan darah atau diabetes, beralih ke kopi tanpa kafein dapat membantu, kata Rob van Dam dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Harvard University.

4. Kafein berpotensi menyebabkan pelemahan tulang belakang pada wanita pascamenopause jika mereka biasanya minum lebih dari tiga cangkir, atau 300 mg kafein, sehari, tetapi tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan mereka, kata Linda Massey, profesor nutrisi emeritus di Washington State University.

5. Seorang wanita yang lebih tua harus memastikan dia mendapatkan setidaknya 800 mg kalsium setiap hari --melalui makanan atau suplemen-- untuk mengimbangi efek kafein pada kalsium, tambah Bess Dawson-Hughes, M.D., direktur Laboratorium Metabolisme Tulang di Tufts University di Boston.

6. Kopi juga bisa mengacaukan perut Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan asam lambung atau mulas, maka kopi dan bahkan teh mungkin tidak cocok untuk Anda.

7. Dan, jika Anda memiliki kolesterol tinggi dan Anda tidak ingin kopi menambah masalah, Anda perlu menggunakan kertas saring untuk menjebak cafestol, senyawa dalam kopi yang meningkatkan kadar kolesterol LDL, kata van Dam.

 

sumber berita: liputan6

loading...
alfa kiki
Editor: alfa kiki

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook


Jadwal Shalat

Polling

halo ka2 semua di Kabupaten Merauke kira - kira Apa yang dibutuhkan untuk menhindarkan anak-anak di Kab. Merauke dari bahasa mabuk Lem?

 Sosialisasi Bahaya menghisap Lem

 cara lain melalui Pendekatan yang bersifat persuasif

 Hukuman sosial yang menimbulkan efek Jera terhadap pengguna

Twitter Feed

Tag Berita

Hiburan Kesehatan Nasional Teknologi Pendidikan Seni & Budaya Sekitar Kita Wisata Hukum Film Daerah Internasional Bola Selebritis Tokoh Pojok Kampus Mop Papua Unik & Seru Vanessa Angel Prostitusi Online Tahun Kelulusan Syahrini Politik Merauke papua JNE Distrik Kampung Nduga Pilpres 2019 PUBG Games Samsung Sains Astronomi SNMPTN Oarfish Identity Leak Checker Reva Alexa KPK Humor sscasn.bkn.go.id Korupsi Papua samsung galaxy m20 BBM satu harga Ani Yudhoyono Daisy Momoland K pop Korea uninstall bukalapak Achmad Zaky pssi bella luna Lion Air Boven Digoel debat pilpres 2019 unicorn denda adat foxtrot six Jayapura swiss belhotel Dr Ulrich vivo v15 nuklir india pakistan Donald Trump Timika Dada Montok caleg eks koruptor moto gp 2021 sirkuit mandalika satelit nusantara satu space x Neno Warisman Mappi Huawei Mate X Huawei Gempa Hari Ini Sumatera Barat Solok Selatan Cinderella Escort Fela Hamza Bin Laden Amerika Kopi Sota The Wandering Earth Tanah Miring Manokwari Andi Arief Demokrat Pendaftaran UTBK Maudy Ayunda Wamena Cerutu Wamena Amazon Jeff Bezos Nyepi PKH Captain Marvel dota 2 Hero Mars Tribratanews Olga Ladyzhenskaya Distrik Muting Distrik Sota KKSB Ikan Arwana Kali Wanggo Aplikasi Oke Sayur UGM Luna Maya Faisal Nasimuddin Rekrutmen Bersama BUMN Papua Nugini Virus Medusa Yonmek 521 DY Perbatasan RI PNG Distrik Ulilin Siti Aisyah Malaysia Cutton Bud Yance Masita Oppo F11 RSJ Makassar Caleg Stres ITDC Prabowo Marah Marah lk21 indoxxi Distrik Kawagit Keracunan Makanan Lampu Satu Facebook Instagram KKB Badai Matahari Romahormuziy OTT KPK New Zealand Brenton Tarrant Kriminal Banjir Sentani Jayapura Alan Walker On My Way Lirik Lagu Redmi Note 7 Selandia Baru Huawei P30 Pro Pupuk Subsidi Calon Pendeta Dibunuh Melindawati Zidoni Distrik Jagebob

Kalender Agenda

Bergabung Menjadi Journalis Izakod News Tanggal: 20 Januari 2019
Lokasi : merauke

Galeri Foto